Forum Ternak Indonesia
Login

Lupa password?

Asal Negara Pengunjung
free counters
Total Pengunjung
page counter
Sejak 09-10-2011
Statistics
Total 72 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Rio Vit

Total 236 kiriman artikel dari user in 144 subjects
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 8 pada Sun Sep 16, 2012 9:44 pm

Pembibitan Puyuh

Go down

Pembibitan Puyuh

Post by Admin on Thu Nov 10, 2011 11:20 am

Bibit yang bermutu merupakan kunci sukses dalam beternak puyuh. Jika anda salah membeli bibit, maka bukan untung yang diperoleh, tetapi justru "buntung". Belilah bibit dari peternak yang terpercaya dan memberikan jaminan. Jika perlu mualailah melakukan pembibitan sendiri. Selain mutu yang lebih terjamin, Anda pun akan memperoleh untung yang membuat "kantong tebal".


Sebagian besar peternak hanya memelihara puyuh untuk menghasilkan telur konsumsi. Sangat jarang yang melakukan pembibitan atau penetasan telur sendiri. Karena itu, peternak sering kesulitan memperoleh bibit puyuh (parent stock) penghasil puyuh telur konsumsi yang berkualitas. Jenis bibit puyuh yang beredar dipasaran sudah sering mengalami perkawinan sedarah, sehingga bibit yang dihasilkan kurang berkualitas dan memiliki produktivitas rendah.

Peternak bisa memperoleh bibit puyuh dengan cara membibitkan sendiri, menetaskan telur yang dibeli dari peternak lain, atau langsung membeli bibit puyuh berumur satu hari (DOQ). Membeli telur tetas dan menetaskan sendiri adalah cara paling sering dilakukan oleh peternak, terutama yang lokasinya jauh dari sentra pembibitan.

Namun, tidak ada salahnya peternak memulai melakukan pembibitan sendiri untuk menjaga-jaga jika tidak ada stok bibit puyuh di pasaran. Selain itu, peluang usaha pembibitan terbilang sangat prospektif mengingat kebutuhan bibit dan telur puyuh yang semakin tinggi.

Puyuh unggas bertubuh kecil, sehingga teknik perkawinan dilakukan secara alami. Hingga saat ini, proses kawin suntik sangat tidak efisien dan efektif jika dilakukan pada puyuh.
avatar
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 198
Points : 466
Reputation : 0
Join date : 09.11.11
Age : 30
Lokasi : Jember

Lihat profil user http://www.forumternak.com

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik