Forum Ternak Indonesia
Login

Lupa password?

Asal Negara Pengunjung
free counters
Total Pengunjung
page counter
Sejak 09-10-2011
Statistics
Total 72 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Rio Vit

Total 236 kiriman artikel dari user in 144 subjects
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 8 pada Sun Sep 16, 2012 9:44 pm

Ini Rahasia…!!! Alternatif Campuran Pakan Puyuh yang Top Markotop

Go down

Ini Rahasia…!!! Alternatif Campuran Pakan Puyuh yang Top Markotop

Post by Admin on Thu Apr 19, 2012 11:14 am

Pada beberapa postingan lalu, pernah saya membahas tentang meningkatkan bobot atau berat telur puyuh. Yang mana tentang bagus tidaknya kualitas telur puyuh, salah satu parameternya adalah bobot atau berat telur, disamping warna kuning telur dan kerabang/kulit telur.
Untuk menjaga kualitas berat telur, diantaranya dengan memberi pakan yang berkualitas. Pakan ini lebih menekankan pada pakan pabrikan, buatan pabrik, bermerk, yang khusus untuk puyuh petelur.

Selama ini sebenarnya memakai pakan puyuh murni pabrikan sudah lumayan menguntungkan. Dijaga dengan harga telur yang (semoga) selalu bisa untuk membeli pakan, dan memberi sisa selisih yang banyak untuk peternak.

Namun bagaimana jika ingin menambah keuntungan dengan mencampur pakan alternatif yang jauh lebih murah dari pakan pabrikan dan tidak mengurangi kualitas telur puyuh?

Di blog lawas, saya pernah membahas juga tentang ‘kiat meningkatkan keuntungan beternak puyuh dengan mencampur pakan’.
Alternatif pakan campuran biasanya menggunakan dedak / bekatul atau jagung giling. Akibatnya tentu saja mempengaruhi kualitas telur. Bobot berat telur yang ringan, juga kerabang yang tipis, lebih mudah rusak jika diangkut jarak jauh, isi telur juga tidak penuh (kopong). Tentu saja ketahanan telur juga berkurang, atau lebih cepat kadaluarsa jika kualitas telur puyuhnya buruk. Itu akibat dari mencampur pakan murni PYP dengan alternatif.

Kualitas telur akan menjadi kekuatan daya saing di pasar. Seperti dulu pernah diceritakan, bagaimana konsumen banyak komplain tentang buruknya kualitas telur puyuh terhadap seorang agen pemasaran. Bisa-bisa konsumennya pada lari.

Lalu bagaimana mencampur pakan, tapi tetap bagus kualitas telur puyuhnya? Nah, ini menjadi rahasia peternak puyuh, ada campuran alternatif pakan puyuh yang terbukti tidak menurunkan kualitas telur. Apalagi jika perbandingan campurannya tidak begitu keterlaluan. Taruh kata membutuhkan 12 sak pakan puyuh per-minggu. Jika yang 10 sak adalah pakan murni pabrikan, sedangkan yang dua sak adalah pakan alternatif ini, lumayan sudah menambah keuntungan hampir Rp 200rb per-minggu. Tanpa kualitas produksi telurnya terganggu. Juga kuantitas atau jumlah produksinya tidak menurun. Bahkan dari hampir semua peternak puyuh pemakai campuran ini, umur produksi ternak burung puyuhnya tetap bagus, alias tidak terburu-buru minta apkir.

Harga pakan alternatif yang tidak saya sebutkan merk-nya adalah Rp 130rb per-sak/50 kg saat ini. Bandingkan dengan harga pakan puyuh pabrikan yang rata-rata Rp 225rb per-sak. Lumayan kan selisihnya?

Saya tidak menganjurkan untuk memakai campuran pakan puyuh ini. Iya kalau terbukti bagus, tapi kalau ada faktor lain yang mengganggu, lantas meng-kambinghitam-kan campuran pakan puyuh ini, saya jadi nggak enak di hati.

Silahkan melihat gambar / foto di bawah ini . . Itulah alternatif campuran pakan puyuh yang top markotop . . Berani mencoba?

http://puyuhjaya.wordpress.com/2011/09/19/ini-rahasia-alternatif-campuran-pakan-puyuh-yang-top-markotop/
avatar
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 198
Points : 466
Reputation : 0
Join date : 09.11.11
Age : 30
Lokasi : Jember

Lihat profil user http://www.forumternak.com

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik