Forum Ternak Indonesia
Login

Lupa password?

Asal Negara Pengunjung
free counters
Total Pengunjung
page counter
Sejak 09-10-2011
Statistics
Total 72 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Rio Vit

Total 236 kiriman artikel dari user in 144 subjects
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 8 pada Sun Sep 16, 2012 9:44 pm

Pengaruh Perubahan Komposisi Pakan Terhadap Ukuran Telur Puyuh

Go down

Pengaruh Perubahan Komposisi Pakan Terhadap Ukuran Telur Puyuh

Post by Admin on Fri Apr 20, 2012 4:58 pm

Pengaruh Perubahan Komposisi Pakan Terhadap Ukuran Telur Puyuh

Ada beberapa macam hal mengenai telur puyuh. Antara lain: besar isi, besar kopong, kecil isi, dan kecil kopong. (Kopong: tidak penuh).

Dalam satu produksi, satu angkatan, satu populasi tidak menutup kemungkinan terjadi ketidak-seragaman ukuran telur puyuh. Akan tetapi dalam satu produksi tersebut, bisa kita nilai, mayoritas telur puyuh rata-rata berukuran kecil atau besar.

Memang tidak ada standar pasti mengenai ukuran. Biasanya juga sekedar dari komentar: “telur puyuhnya besar-besar”. Walaupun jika sudah ditata di dalam egg tray wadah telur, akan kelihatan besar kecilnya.

Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi telur seperti tersebut. Terutama dari segi pakan. Memang dari pakan, sementara ini bagi saya, masih berpengaruh besar terhadap kualitas telur.

Nah, kali ini saya juga akan bercerita dari pengamatan dan analisa yang bisa jadi dianggap ngawur. Tidak apa-apa. Karena memang pendapat ini tidak memakai riset ilmiah. Tanpa tes lab, dsb.

Oiya, dan yang akan saya ceritakan ini bukan mengenai isi atau bobot telur puyuh. Tetapi lebih pada pengaruh perubahan komposisi pakan terhadap UKURAN telur puyuh.

Entah bagaimana sifat proses pengolahan pakan menjadi telur, di dalam perut burung puyuh, yang jelas tentang pakan sepertinya sensitif sekali. Ke-sensitif-an tersebut terlihat dari hasil produksi. Dalam postingan ini, sekali lagi menekankan pada ukuran.

Yang saya perhatikan selama ini, setiap kali mengganti merk pakan, ukuran telur puyuh akan mengecil terlebih dahulu. Baru setelah lebih dari sehari, ukuran akan membesar / normal lagi seperti biasanya. Dengan syarat, merk pakan tidak berubah.

Kejadian tersebut sangat terasa sekali pada apabila mencampur pakan dengan bahan alternatif. Pencampuran yang tidak sempurna, akan mengakibatkan perut burung puyuh seolah terus menerus harus beradaptasi. Hasilnya bisa ditebak, cenderung banyak yang kecil.

Jadi, kalau saya boleh berpendapat tentang mencampur pakan dengan bahan alternatif, mengakibatkan telur puyuh cenderung kecil-kecil, bukan karena pakannya, tetapi karena komposisi pakan yang berubah-ubah.

Tentu akan sulit ya mencampur sendiri, manual, akan menghasilkan komposisi campuran yang tetap?

Akan tetapi bila mencampurnya stabil dalam komposisi, kemungkinan besar hasilnya telur juga akan berukuran stabil (besar).

Pendapat saya di atas tentu saja bersifat “kemungkinan” ya.. Mungkin begitu.

Silahkan dites, dicoba, dan diamati sendiri.

Salam puyuh . . .
avatar
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 198
Points : 466
Reputation : 0
Join date : 09.11.11
Age : 30
Lokasi : Jember

Lihat profil user http://www.forumternak.com

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik