Forum Ternak Indonesia
Login

Lupa password?

Asal Negara Pengunjung
free counters
Total Pengunjung
page counter
Sejak 09-10-2011
Statistics
Total 72 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Rio Vit

Total 236 kiriman artikel dari user in 144 subjects
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 8 pada Sun Sep 16, 2012 9:44 pm

Perawatan Puyuh dan Kandang

Go down

Perawatan Puyuh dan Kandang

Post by Admin on Tue Nov 15, 2011 10:05 am

Fase layer merupakan fase hidup puyuh yang menetukan keberhasilan beternak. Jika perawatan yang dilakukan salah, niscaya produksi telur yang dihasilkan akan menurun. Bahkan, bisa menyebabkan kematian pada puyuh. Alih-alih mendapatkan untukng, malah "buntung" alias merugi.

Pada periode ini diharapkan produksi telur dapat stabil di atas 80% serta kualitas telur dan kesehatan puyuh terjaga. Karena itu, peternak harus menciptakan kandang yang memiliki suhu optimal serta kelembapan dan sirkulasi udara yang baik bagi puyuh. Berikut hal hal yang harus diperhatikan selama pemeliharaan puyuh pada fase layer.

a. Pencahayaan di dalam kandang

Produksi telur sangat dipengaruhi oleh lama pencahayaan yang diterima puyuh. Menurut pengalaman penulis, puyuh akan menghasilkan telur dalam jumlah optimal jika diberi pencahayaan selama 24 jam. Karena itu, kandang harus tetap diberi pencahayaan pada malam hari. Pencayaan akan merangsang puyuh untuk makan dan minum serta merangsang hormon FSH (folicel stimulating hormone), sehingga puyuh betina menjadi rajin bertelur.

Dari pukul enam pagi hingga pukul lima sore, kandang memperoleh pencahayaan dari sinar matahari. Sementara itu, dari pukul lima sore hingga pukul 6 pagi, kandang atau puyuh memperoleh pencahayaan dari bohlam lampu berdaya 25 watt yang diletakkan di setiap 3 unit kandang.

b. Perawatan Kandang
Kegiatan membersihkan tempat minum dilakukan setiap kali peternak akan mengganti atau menambahkan air minum yang baru. Sementara itu, kandang dan lingkungan sekitarnya berada disemprot disinfektan dua kali seminggu.
avatar
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 198
Points : 466
Reputation : 0
Join date : 09.11.11
Age : 30
Lokasi : Jember

Lihat profil user http://www.forumternak.com

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik