Forum Ternak Indonesia
Login

Lupa password?

Asal Negara Pengunjung
free counters
Total Pengunjung
page counter
Sejak 09-10-2011
Statistics
Total 72 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Rio Vit

Total 236 kiriman artikel dari user in 144 subjects
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 8 pada Sun Sep 16, 2012 9:44 pm

Nutrisi yang Dibutuhkan Puyuh

Go down

Nutrisi yang Dibutuhkan Puyuh

Post by Admin on Tue Nov 22, 2011 9:59 am

Pakan merupakan bahan makanan yang diformulasikan untuk aktivitas kimiawi maupun fisiologis tubuh ternak. Selain untuk pertumbuhan, pakan berfungsi dalam proses produksi untuk menghasilkan daging dan telur. Sebelum membuat atau memberikan pakan kepada puyuh, ada baiknya peternak mengetahui beberapa zat gizi yang harus ada dalam pakan puyuh. Berikut penjabaran bahan pakan tersebut.

1. Protein

Protein berfungsi untuk menyusun jaringan tubuh seperti otot, sel darah, kuku, dan tulang. Protein juga merupakan materi penyusun telur dan sperma puyuh. Sumber protein pakan antara lain bungkil kacang tanah, bungkil kedelai, tepung ikan, tepung hati, tepung daging campur tulang, dan tepung cacaing.

2. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa kimia penghasil energi utam bagi ternak. Energi sangat diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan menjaga temperatur tubuh puyuh. Pada puyuh muda, kelebihan karbohidrat akan diubah menjadi protein, sedangkan pada puyuh dewasa akan diubah menjadi lemak.

Bahan pakan karbohidrat antar lain jagung, dedak, minyak jagung, dan minyak wijen. Namun, pakan sumber karbohidrat yang paling sering diberikan puyuh andalah tepung jagung kuning. Pasalnya, kandungan karotennya yang tinggi bermanfaat untuk membentuk kuning telur.

3. Lemak

Lemak berfungsi untuk mempermudah penyerapak vitamin A, D, E, dan K, serta Kalsium. Selain itu, lemak juga membantu proses penyerapan karoten di dalam pencernaan dan menambah efisiensi dalam penggunaan energi. Di dalam tubuh, lemak juga berfungsi sebagai sumber cadangan energi. Beberapa bahan sumber lemak antara lain minyak kelapa, minyak kacang kedelai, dan minyak jagung.

4. Mineral

Mineral berfungsi untuk memperkuat kerabang telur supaya tidak mudah pecah dan retak. Ada dua jenis mineral yang dibutuhkanm yaitu mineral makro da mineral mikro. Mineral makro terdiri dari kalsium (Ca), fosfor (P), natrium (Na), kalium (K), dan klor (Cl). Sementara itu, mineral mikro terdiri dari zat besi (Fe), tembaga (cu), iodin (I), kobalt (Co), seng (Zn), mangan (Mn), selenium (Se), dan molibdenum (Mo).

Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sangat sedikit, mineral merupakan komponen yang cukup penting untuk membantu berlangsungnya berbagai proses di dalam tubuh. Bahan pakan kaya mineral yang biasa dicampur dalam pakan ternak adalah tepung kerang, tepung tulang, batu kapur, minyak tepung ikan, atau campuran mineral buatan pabrik.

5. Vitamin

Meskipun dalam jumlah sedikit, vitamin dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh puyuh. Vitamin pada puyuh berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga puyuh tidak mudah terserang penyakit. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan dan produktivitas telur. Pada pemeliharaan dengan kondisi stres tinggi, berbagai jenis vitamin diperlukan dalam jumlah yang lebih banyak.

Vitamin biasanya sudah terdapat di dalam pakan seperti jagung, dedak, tepung ikan, atau bungkil. Namun, vitamin dapat juga diberikan secara khusus dalam bentuk campuran vitamin buatan pabrik. Jenis vitamin yang diperlukan oleh puyuh, diantaranya vitamin A, B2, B12, C, D, E dan K. Kekurangan vitamin A dan D dapat menurunkan produksi telur.
avatar
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 198
Points : 466
Reputation : 0
Join date : 09.11.11
Age : 30
Lokasi : Jember

Lihat profil user http://www.forumternak.com

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik