Forum Ternak Indonesia
Login

Lupa password?

Asal Negara Pengunjung
free counters
Total Pengunjung
page counter
Sejak 09-10-2011
Statistics
Total 72 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Rio Vit

Total 236 kiriman artikel dari user in 144 subjects
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 8 pada Sun Sep 16, 2012 9:44 pm

Kandang Itik Anakan (Starter)

Go down

Kandang Itik Anakan (Starter)

Post by Admin on Sat Nov 26, 2011 1:39 pm

Berdasarkan penggunaannya, kandang pemeliharaan itik dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu kandang pemeliharaan starter (DOD), kandang pemeliharaan grower (petelur dan pedaging), dan kandang pemeliharaan itik layer (petelur). Sementara, berdasarkan intensifikasi pemeliharaan, dikenal jenis kandang pekarangan dan kandang tertutup.
Kandang itik anakan merupakan kandang yang digunakan untuk memelihara itik berumur satu hari (DOD) hingga berumur sekitar empat minggu. Kandang pemeliharaan awal sering disebut sebagai kandang starter. Kandang anakan harus bisa mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan DOD, baik dari sisi ventilasi, keamanan kandang, serta pemanas yang digunakan.

Setidaknya ada dua jenis kandang yang dapat dijadikan sebagai kandang anakan, yaitu kandang boks dan kandang postal. Kedua jenis kandang ini dilengkapi alat pemanas yang berfungsi sebagai pengganti induk.

a. Kandang Boks
Kandang boks merupakan kandang pemeliharaan DOD yang dibuat dari bahan-bahan seperti kawat ram, kayu kaso, dan bilahan batang bambu. Kandang boks bisa berbentuk panggung, yaitu kandang boks yang dibuat menggunakan 'kaki' sehingga tidak menempel langsung di tanah.

Umumnya, kandang boks yang dipakai berukuran 90 x 150 x 50 cm dan 100 x 100 x 50 cm, dengan tinggi kandang dari atas tanah sekitar 70 cm. Bahan pembuat kandang boks panggung adalah kawat ram dengan kerangka kayu laso. Sementara, alas kandang boks menggunakan bahan lunak atau bilah bambu yang pinggirnya telah dihaluskan dengan jarak antar bilah 1 cm.

b. Kandang Postal

Kandang postal untuk memelihara DOD merupakan kandang berukuran besar yang di sekat-sekat dengan ukuran yang disesuaikan dengan jumlah DOD yang dipelihara. Teknis ini berguna untuk mengefisienkan penggunaan pemanas agar sesuai dengan jumlah dan luas kandang. Berbeda dengan kandang boks lantai kandang postal beralasan tanah atau semen.

Sekat juga bisa dibedakan berdasarkan dua kebutuhan, yaitu untuk tempat pakan dan minum serta bermain itik dan tempat beristirahat. Penyekatan sperti ini mnjaga bagian kandang tempat itik beristirahat tetap bersih karena tidak terkena sisa pakan atau basah oleh air minum. Pemanas kandang dan sekam atau alas kandang lainnya diletakkan di bagian kandang yang merupakan tempat beristirahat.

c. Kepadatan Ideal Kandang DOD
Kepadatan ideal DOD dalam kandang adalah 20-25 ekor untuk luasan kandang 1 m'. Setelahnya, kepadatan dijarangkan sesuai acuan tinkat kepadatan ideal berdasarkan umur DOD. enjarangan dilakukan dengan mengelompokkan DOD yang pertumbuhannya seragam, agar tidak terjadi persaingan tidak imbang dalam memperoleh pakan.

d. Perlengkapan Kandang DOD
- Pemanas (Induk Buatan)
Pada fase starter, anak itik masih membutuhkan bantuan pemanas untuk menghadapi rasa dingin. Alat pemanas diibaratkan sebagai induk buatan bagi DOD, karena dapat memberikan kehangatan kepada anak itik. Umumnya, pemanas digunakan hingga itik brumur 4 minggu. Setelah itu, pemanas tidak digunakan lagi (suhu kandang sesuai dengan suhu lingkungan).

Alat pemanas yang banyak digunakan pada kandang DOD antara lain lampu pijar dan lampu minyak. Lampu minyak atau lampu pijar berdaya 10 watt sebanyak satu buah, sering digunakan untuk kandang DOD dengan luasan tidak terlalu besar, sekitar 1 x 1 m. Sementara, kandang DOD dengan luasan cukup besar diberi pemanas menggunakan gasolek.

- Tempat Pakan dan Minum
Tempat pakan untuk DOD sebaiknya menggunakan nampan yang lebar. Jumlah dan ukuran tempat pakan yang dimasukkan dalam kandang DOD harus disesuaikan dengan jumlah DOD dalam kandang. Sebuah tempat pakan berukuran diameter 40 cm menampung pakan untuk 40 ekor DOD. Sementara, sebuah tempat air minum cukup untuk 40 ekor DOD. Tempat pakan untuk DOD sebaiknya menggunakan nampan lebar.
avatar
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 198
Points : 466
Reputation : 0
Join date : 09.11.11
Age : 30
Lokasi : Jember

Lihat profil user http://www.forumternak.com

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik