Forum Ternak Indonesia
Login

Lupa password?

Asal Negara Pengunjung
free counters
Total Pengunjung
page counter
Sejak 09-10-2011
Statistics
Total 72 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Rio Vit

Total 236 kiriman artikel dari user in 144 subjects
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 8 pada Sun Sep 16, 2012 9:44 pm

Pemilihan DOC (Day Old Chick)

Go down

Pemilihan DOC (Day Old Chick)

Post by Admin on Fri Dec 16, 2011 10:39 pm

Terdapat beberapa pedoman dalam pemilihan DOC atau anak ayam, diantaranya sebagai berikut.
Pilih anak ayam yang berasal dari induk yang sehat agar tidak membawa penyakit bawaan. Apabila baru tiga hari anak ayam sudah banyak yang mati, sementara tidak ada hal-hal lain yang patut dicurigai sebagai penyebab kematiannya, bisa jadi penyebabnya berasal dari induknya yang tidak beres. Jika kematian anak ayam di sebabkan karena penyakit bawaan dari induk ayam, pembibit yang besar dan bertanggunga jawab biasanya akan mengganti anak ayam yang mati tersebut.
Pilih anak ayam berdasarkan ukuran atau bobot yang baik. Apabila ukuran atau bobot anak ayam relatif kecil, kemungkinan dipengaruhi oleh telur tetas ayam tersebut. Telur tetas yang besar biasanya akan menghasilkan anak ayam yang besar, begitu pula sebaliknya. Umumnya, pembibit yang baik selalu menyeleksi telur tetas yang akan di tetaskan pada bobot rata-rata, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu berat. Bahkan, ketika ayam keluar dari mesin tetas harus di seleksi dengan ketat.
Pilih anak ayam yang kondisi matanya cerah atau bercahaya, aktif, serta tampak tegar. Kecerahan mata inilah yang paling mudah untuk mendeteksi kondisi bangsa unggas. Unggas yang sehat dan baik akan memperlihatkan mata yang cerah dan bercahaya.
Pilih anak ayam yang tidak cacat secara fisik, misalkan kaki bengkok, mata buta, atau kelainan fisik lainnya yang mudah dilihat. Anak ayam yang normal biasanya memiliki bulu yang halus dan kering.
Tidak ada lekatan tinja di duburnya.
Anak ayam yang akan dipelihara sebagai ayam pedaging idealnya memang sesuai dengan kriteria pedoman-pedoman tersebut, tetapi pada praktiknya, anak ayam yang dibeli biasanya telah dikemas dalam boks yang diikat kuat sehingga sulit untuk dipilih. Namun, umumnya pembibit yang baik akan menjual anak ayam yang baik pula dan sudah dalam kondisi divaksin. Sering kali kematian anak ayam dalam boks terjadi akibat kelelahan dalam perjalanan, pengemasan yang kurang baik, atau cara pengiriman yang tidak baik.

Hal penting lainnya mengenai ayam broiler adalah harga anak ayam. Harga inilah yang pada akhirnya menetukan bibit yang dipilih. Umumnya harga anak ayam broiler relatif sama. Hal yang membedakannya hanya pada cara pembayarannya. Pembibit terkadang ada yang mengharuskan membayar segera atau boleh ditunda. Cara pembayaran tunda itu memang memungkinkan karena anak ayam broiler ini hanya dipelihara dalam waktu 5-6 minggu saja.
avatar
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 198
Points : 466
Reputation : 0
Join date : 09.11.11
Age : 30
Lokasi : Jember

Lihat profil user http://www.forumternak.com

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik