Forum Ternak Indonesia
Login

Lupa password?

Asal Negara Pengunjung
free counters
Total Pengunjung
page counter
Sejak 09-10-2011
Statistics
Total 72 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Rio Vit

Total 236 kiriman artikel dari user in 144 subjects
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 8 pada Sun Sep 16, 2012 9:44 pm

Kapan Jadwal Pemberian Pakan Burung Puyuh Petelur yang Tepat?

Go down

Kapan Jadwal Pemberian Pakan Burung Puyuh Petelur yang Tepat?

Post by Admin on Fri Apr 20, 2012 5:11 pm

Salah satu aktivitas rutin dalam beternak burung puyuh petelur adalah pemberian pakan. Postingan kali ini, terutama pada burung puyuh yang sudah naik kandang. Dimana rata-rata umur naik kandang sekitar 25 – 30 hari. Bahkan ada yang 20 hari.

Sejak umur tersebut, pakan yang diberikan pada burung puyuh petelur adalah pakan teluran ( LAYER ).
Bagaimana jadwal pemberian pakan LAYER?

Jadwal pemberian pakan pada burung puyuh petelur, sedikit banyak berpengaruh juga terhadap produktivitas dalam bertelur. Walaupun secara pokok, jumlah standar kebutuhan pakan per-ekor per-hari 22-23 gram tetaplah yang lebih menentukan.

Jadwal pemberian pakan pada puyuh, tergantung pada model / bentuk / disain kandang puyuh. Otomatis akan menentukan juga pada model wadah pakan puyuh yang menjadi asesoris wajib sebuah kandang.
Ada yang terbuat dari triplek berbentuk kotak dan segitiga, biasanya dipasang di samping kiri dan kanan kandang. Ada yang memakai pralon, dipasang di depan, ada juga yang di belakang.
Hampir sama sifatnya dengan pralon, ada juga wadah pakan puyuh berbahan bambu, biasanya bambu petung yang dihilangkan batas ruasnya (ros-rosan).

Dari berbagai macam model wadah pakan puyuh tersebut, menjadikan jadwal pemberian pakan juga berbeda-beda. Tergantung muatan dari masing-masing model. Ada yang jadwalnya 3x pagi siang sore (malam), 2x pagi dan sore (malam), 1x pagi saja, atau 1x sore (malam) saja.
Untuk yang satu kali, biasa pada model wadah pakan puyuh yang dari triplek.

Saya sendiri tidak paham kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jadwal pemberian pakan puyuh tersebut. Kelebihan dan kekurangan terhadap peternaknya, maupun untuk burung puyuh piaraannya.

Yang jelas, mau berapa kali pun pemberian pakan, tidak lepas dari standar kebutuhan burung puyuh petelur per-ekor per-hari, yaitu sekitar 22-23 gram.
Namun ada satu hal yang sempat menjadi perhatian. Tentang pemberian pakan jadwal yang dua kali, pagi dan sore (malam). Sepertinya pada jadwal pagi, lebih pagi lebih bagus. Dengan pertimbangan, pada waktu pagi, burung puyuh lebih lama “puasa”nya. Dihitung sejak jadwal sore sampai semalaman. Entah analisa ilmiahnya bagaimana, tapi jika mruput / gasik, menekan angka kematian dan hasil produksi telur lebih optimal. Hanya perkiraan saya ya . . .

Demikian… Dan selamat beternak puyuh…

Salam sejahtera Indonesia…

http://puyuhjaya.wordpress.com/2011/10/05/kapan-jadwal-pemberian-pakan-burung-puyuh-petelur-yang-tepat/
avatar
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 198
Points : 466
Reputation : 0
Join date : 09.11.11
Age : 30
Lokasi : Jember

Lihat profil user http://www.forumternak.com

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik