Forum Ternak Indonesia
Login

Lupa password?

Asal Negara Pengunjung
free counters
Total Pengunjung
page counter
Sejak 09-10-2011
Statistics
Total 72 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Rio Vit

Total 236 kiriman artikel dari user in 144 subjects
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

[ View the whole list ]


User online terbanyak adalah 8 pada Sun Sep 16, 2012 9:44 pm

Kandang Pemeliharaan Itik Dara dan Pembesaran Itik Pedaging (Grower)

Go down

Kandang Pemeliharaan Itik Dara dan Pembesaran Itik Pedaging (Grower)

Post by Admin on Sun Nov 27, 2011 4:11 am


Kandang grower digunakan untuk memelihara itik setelah melewati pemeliharaan di kandang starter, yaitu setelah berumur 4 minggu. Sebagaimana namanya, kadang grower merupakan kandang pembesaran itik petelur maupun pedaging.

Dikandang grower, itik petelur dipelihara hingga berumur 22 minggu, sedangkan itik pedaging dipelihara hingga berumur 12 minggu (3 bulan), kemudian di panen. Pada pemeliharaan tahap ini. kandang juga sudah tidak lagi menggunakan lampu pemanas. Lantai kandang diberikan litter dari bahan jerami atau sekam. Kepadatan kandang saat ini 10-15 ekor per m'.

Terdapat tiga jenis kandang pembesaran itik, yaitu kandang tertutup, kandang baterai, dan kandang ren. Kandang tertutup dan kandang baterai digunakan untuk pembesaran itik yang dipelihara secara intensif. Sementara, kandang ren digunakan untuk pembesaran itik yang dipelihara secara semi-intensif.

a. Kandang Tertutup
Kandang tertutup yang biasanya digunakan berbentuk kotak. Kandang ini bisa dibuat permanen menggunakan semen atau dibuat lebih sederhana menggunakan bahan seperti kayu dan bambu. Prinsip utama kandang tertutup adalah semua aktivitas itik dilakukan dalam kandang. Mulai makan, bermain hingga istirahat. Pada kandang tertutup tidak ada bagian kandang yang dikhususkan sebagai tempat bermain itik.

lantai kandang tertutup yang terbuat dari semen, bilah bambu, atau tanah yang di keraskan harus selalu dibersihkan dan dijaga agar tidak terlalu lembab dan basah, agar penyakit tidak mudah muncul. Lantai kandang dibuat agak miring 5-10 derajat, untuk memudahkan pekerja membersihkan kotoran dan membuangnya ke saluran pembuangan.

Sirkulasi udara pada kandang tertutup harus terjaga baik karena itik selalu berada di dalamnya dan tidak ada bagian yang terbuka dari kandang seperti pada kandang ren. Karena itu konstruksi kandang tertutup harus memperhatikan sirkulasi udara di dalam kandang.

b. Kandang Baterai
Ada kalanya semenjak pembesaran (grower), itik petelur yang dipelihara secara intensif sudah dipelihara dalam kandang baterai. Tujuannya, untuk mempercepat pertumbuhan itik, agar itik tidak banyak bergerak dan energi dari pakan hanya digunakan untuk pertumbuhan bobot badan. Umumnya, pembesaran itik pedaging dilakukan didalam kandang baterai. Hal ini disebabkan tujuan pemeliharaan itik pedaging adalah untuk meningkatakan bobot badan, sehingga diharapkan tidak banyak energi yang terbuang untuk bermain ataupun berjalan-jalan seperti yang dilakukan itik di kandang koloni.

c. Kandang Ren
Kandang grower yang digunakan dapat berupa kandang ren, yaitu sebagai bangunan kandang tertutup dan sebagian kandang berupa ruang terbuka yang dibatasi pagar. Bagian yang tertutup atau berupa bangunan digunakan untuk itik beristirahat atau bertelur. Sementara, bagian halaman digunakan untuk itik bermain. Antara bagian kandang yang tertutup dan terbuka dibatasi pintu yang dapat dibuka-tutup. Satu sekat (bagian) kandang sebaiknya diisi tidak lebih dari 100 ekor itik yang umur dan ukurannya seragam.

Lantai kandang ren dapat berupa semen atau tanah yang dipadatkan. Bagian atasnya diberi campuran pasir dan kapur, lalu ditaburi jerami. hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit dan mengurangi bau pada kandang. Bagian yang diberi jerami biasanya yang didalm bangunan sebagai tempat bertelur dan beristirahat. keunggulan kandang ren adalah itik memiliki lahan untuk beraktivitas (berjalan-jalan) lebih luas dibandingkan dengan kandang sistem tertutup atau kandang baterai. Selain itu, itik terkena sinar matahari langsung sehingga tubuhnya lebih sehat.

d. Kepadatan Ideal kandang
Pada umur 8-20 minggu, kepadatan kandag ren 6-8 ekor/m'. Contoh ukuran kandang ren untuk pembesaran 100 ekor itik pedaging adalah 6 x 3 m. Itik pedaging masuk kandang pembesaran setelah berumur tiga minggu hingga di panen.

e. Perlengkapan kandang

- Kolam
Kandang ren dapat dilengkapi kolam kecil atau saluran air dangkal untuk tempat itik minum, bermain, mandi, dan mendinginkan tubuh. Ukurannya dapat dibuat dengan lebar 50 cm dan kedalaman 30 cm. Sementara, panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan atau ukuran panjang kandang.

- Tempat Pakan dan Minum
Tempat minum sebaiknya dibuat lebih tinggi dari kaki itik dan ketinggiannya pas untuk paruh itik menjangkaunya. Hal ini untuk menghindari kemungkinan itik masuk ke dalam tempat minum dan mengotorinya.

Tempat pakan dan minum diletakkan di bagian pekarangan kandang, di sisi kandang yang berbeda. Hal ini dilakukan untuk menghindari pakan menjadi basah, karena itik senang makan sambil minum dan menyiprat-nyipratkan air. Namun, ada peternak yang menmpatkan tempat pakan dan minum berdekatan. Tujuannya, untuk mengurangi banyaknya pakan yang terbuang sebagai akibat perilaku itik yang selalu minum dahulu sebelum menelan makanan.

avatar
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 198
Points : 466
Reputation : 0
Join date : 09.11.11
Age : 30
Lokasi : Jember

Lihat profil user http://www.forumternak.com

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik